Selasa, 31 Desember 2013

“Jumpun Pambelom” Merangkai Kebersamaan

        Kegiatan dan aktivitas dari sejak perencanaan dan pengembangan kawasan Hutan Gambut Hak Milik “Jumpun Pambelom”  didukung antara lain Kementrian Kehutanan RI, Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Lembaga Tane Ranu Dayak dan masyarakat sekitar kawasan.
      imageimageimagelogo bnitaneranu1  
 
Bentuk dukungan yang diberikan dalam bentuk penyediaan bibit, adopsi pohon, pembangunan infrastruktur kawasan dan dukungan lainnya.
Sebagai ilustrasi berikut ini beberapa jenis pohon antara lain pasak bumi (Eurycoma longifolia), Gaharu (Aquilaria malacensis), dan Ulin (Euderoxylon zwagery) yang diadosi oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
 
jumpun4DSC03725DSC03720
Tanaman Pasak Bumi, Gaharu dan Ulin dukungan Program Adopsi Pohon Bank BNI.
 
FUNGSI/MANFAAT :
Rest Area, Ruang Terbuka Hijau, Eco Wisata, Pendidikan Lingkungan, Pelestarian Aneka Tanaman Langka, Pos Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan, Demplot Penyuluhan Swadaya, Perpustakaan dan Pengembangan Ekonomi Lokal
        Agar lokasi Hutan Gambut Hak Milik “Jumpun Pambelom” dapat memberikan manfaat secara ekologis, ekonomi dan sosial, maka diperlukan upaya pengelolaan kawasan dalam bentuk :
  1. Pembangunan infrastruktur kawasan ( ruang informasi, parkir, gazebo, persemaian, dll).
  2. Pengayaan jenis pohon dan kegiatan adopsi pohon.
  3. Program Konservasi Anggrek Alam/Tanaman Hias
  4. Program Konservasi Tanaman Langka/Hampir Punah
  5. Program Konservasi Tanaman Herbal/Tanaman berkhasiat Obat Khas Kalimantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar